Log in

Strategi Belajar Sederhana Untuk Meningkatkan English Skill

Strategi Belajar Sederhana Untuk Meningkatkan English Skill

Padilah - 2018

 fadilaizmir12@gmail.com

Download versi PDF: https://drive.google.com/file/d/1rSdjFdcKV-XD3xylfBP4vWoqRWVHs8GU/view?usp=sharing

Pendahuluan

Pengajaran bahasa inggris di indonesia lebih banyak menghafal ketimbang memahami. Hal tersebut dirasakan kurang mendukung dalam mempersiapkan seseorang untuk dapat menggunakan bahasa inggris dalam perbincangan dengan orang lain dan untuk urusan akademis. Dampaknya akan sangat dirasakan ketika menjalani tes TOEFL model baru bagi yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri. Secara umum pendidikan bahasa inggris dinegara kita belum seperti yang diharapkan. Pendidikan masih berorientasi untuk mendapatkan nilai bagus, tanpa memperhatikan tujuan yang lebih esensial dari pembelajaran suatu bahasa yaitu penguasaan bahasa itu sendiri.

Ada banyak Permasalahan pengajaran bahasa inggris di Indonesia.  seperti, kurangnya tenaga kerja yang memiliki kemampuan yang baik untuk mengajar bahasa inggris dengan baik, belum tersedia fasilitas yang mendukung kegiatan pembelajaran seperti laboratorium bahasa di sekolah-sekolah. Dan dari faktor bakat dan minat peserta didik, Minat belajar juga dapat mendukung dan mempengaruhi proses belajar dan mengajar. Suatu kegiatan yang dilakukan tidak sesuai minat akan menghasilkan prestasi yang kurang menyenangkan.

Dalam mempelajari bahasa inggris, seringkali mahasiswa memiliki permasalahan dalam belajar seperti kurangnya mendalami kosakata bahasa inggris, masih memiliki kemampuan berbahasa inggris yang lemah karena kurangnya vocabulary yang dimiliki serta rasa percaya diri yang rendah. Dan Pronunciation dan Dialek Bahasa Yang Beragam yang membuat peserta didik sulit dan bingung untuk memulai belajar bahasa inggris.

Untuk dapat meningkatkan english skill perlu adanya konsep strategi/metode belajar yang efektif. Sebagai mahasiswa UST ada baiknya dalam belajar kita menggunakan konsep ajaran dari Ki Hajar Dewantara yang sangat populer yaitu, Ing Ngarso Sun Tulodo yang artinya menjadi seorang pemimpin harus mampu memberikan suri tauladan bagi orang – orang disekitarnya, Ing Madyo Mangun Karso yang artinya seseorang ditengah kesibukannya harus juga mampu membangkitkan atau menggugah semangat, dan yang terakhir Tut Wuri Handayani ialah seseorang harus memberikan dorongan moral dan semangat kerja dari belakang. Dorongan moral ini sangat dibutuhkan oleh orang – orang disekitar kita menumbuhkan motivasi dan semangat. Maka dari itu konsep ajaran dari KHD sangat cocok bila dibaurkan dengan konsep belajar kita.

Berdasarkan pengalaman saya dalam mempelajari bahasa inggris, saya sering menggunakan media audio,video dari youtube,film, mencari pembahasan yang kurang saya mengerti diinternet dan berbagai macam buku yang diarahkan dosen pembimbing sebagai bahan untuk belajar bahasa inggris. bahkan saya berencana untuk mengikuti les untuk salahsatu matakuliah yang saya anggap lemah. Karena tidak mudah dalam mempelajari bahasa asing, struktur kata yang berbeda yang mengharuskan saya harus belajar dengan giat.

Pembahasan

Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan berbagai macam strategi/tips sederhana yang dapat meningkatkan english skill menurut pengalaman saya. Yang pertama untuk listening, mulailah terbiasa rutin dengan mendengar lagu yang berbahasa inggris, selain terbiasa mendengar disitu kita juga bisa menambah vocabulary, meniru pelafalan kosakata, dan mulai mengenali pola grammar. Kemudian, sering-seringlah menonton film/video diyoutube yang berbahasa inggris tanpa menggunakan subtitle agar kita benar-benar berusaha untuk menyimak isi dari film tersebut ini sangat sulit tapi cobalah untuk mencoba tips ini.

Kedua untuk speaking, sebenarnya listening dan speaking masih berhubungan karna kata-kata yang sering kita ucapkan adalah kata-kata yang sering kita dengar maka dari itu, mulailah langsung praktek berbicara bahasa inggris dengan teman sendiri/native speaker jangan menunggu sampai mahir dulu karena speaking harus dipraktikkan langsung. Untuk itu pergilah ke salah satu tempat wisata yang disana terdapat wisatawan asing untuk mulai mencoba mempraktekkan kemampuan bahasa inggris kita.

Untuk reading, perbanyak membaca cerita/taulisan,artikel, novel dll berbahasa inggris, Namanya Reading cara berlatihnya adalah melalui membaca. Cari pronunciation dari kata yang tidak diketahui, Yang ini maksudnya jika saat reading menemukan sebuah kata yang asing dan gak tau bagaimana cara melafalkannya kalian bisa check di kamus bagaimana cara pengucapannya atau buka aja google translate, kan bisa audio juga disana. Dan yang paling penting rutin membaca setiap hari.

Kemudian untuk writing, saya mulai berlatih menulis suatu kalimat,paragraf dengan menggunakan konsep writing. Yang dimana harus ada satu topik,supporting sentence,minor detail dan conclusion dalam menulis suatu paragraf. Dan juga harus mempelajari grammar dengan baik.

Untuk menambah vocabulary tidak harus dengan menghafal banyak kosakata baru. Ada banyak cara yang dapat menambah kosakata baru tanpa kita sadari contohnya seperti banyak dan rutin membaca tulisan yang berbahasa inggris, kemudian apabila kamu menemukan kosakata yang baru maka pahami kata dasar dari kata tersebut dan gunakan bantuan kamus bahasa inggris untuk mencari artinya tetapi akan lebih efektif lagi kalau kalian menggunakan kamus Oxpord yang memaksakan otak kita berpikir lagi untuk mencari arti dari sebuah kosakata.

Yang terakhir untuk grammar, untuk tahap awal kamu harus menguasai 16 tenses yang ada dalam bahasa inggris, kemudian  membaca penjelasan sederhana mengenai aturan grammar dalam bahasa inggris yang mudah dimengerti. Setelah itu, Mempelajari berbagai contoh penggunaan aturan grammar tersebut di dalam kalimat.Pelajari contoh kalimat tersebut sampai anda benar-benar memahaminya. Dan yang terakhir Lakukan berbagai latihan soal yang berhubungan dengan aturan grammar yang sedang anda pelajari dengan lebih banyak berlatih akan membuat anda lebih cepat menguasai grammar.

Kesimpulan

Kesimpulannya yaitu Bahasa Inggris adalah bahasa dunia dan juga banyak digunakan bahasa di internet. Hampir setiap buku bahasa telah diterjemahkan versi bahasa Inggris. Sehingga mudah untuk mendapatkan informasi dunia jika Anda tahu bahasa Inggris.

Bahasa Inggris adalah penting bagi saya karena bahasa Inggris adalah bahasa Internasional. Kita harus mempersiapkan diri menghadapi era globalisasi. Saat ini, banyak perusahaan  merekrut karyawan mereka dengan uji kemampuan dalam bahasa Inggris. Kita bisa mendapatkan informasi lebih lanjut dan lebih di Internet, tetapi informasi 80% di Internet menggunakan bahasa Inggris. Saya pernah mendengar bahwa orang cerdas adalah orang yang bisa menggunakan bahasa tertentu.

Saran

 Dan juga menggunakan strategi-strategi yang baik untuk meningkatkan kemampuan english skill agar mahir dalam berbahasa asing. Banyak berlatih dan rutin belajar bahasa inggris supaya kita dapat dengan cepat menguasai bahasa tersebut dan jangan lupa jika sudah menguasai bahasa inggris dengan baik jangan diabaikan begitu saja akan tetapi terus dipraktikkan dan diamalkan kepada mereka yang membutuhkan bantuan pembelajaran agar ilmu yang didapat tidak sia-sia.

References

  1. Subekti, N.B. (2018). Kesulitan Belajar Bahasa Inggris: Tidak Dipergunakan Sehari-hari. https://www.researchgate.net/publication/324585545_Kesulitan_Belajar_Bahasa_Inggris_Tidak_Dipergunakan_Sehari-hari
  2. Subekti, N. B., & Lawson, M. J. (2007). Vocabulary acquisition strategies of Indonesian postgraduate students through reading. International Education Journal, 8(2), 485-496. https://www.researchgate.net/publication/228809882_Vocabulary_acquisition_strategies_of_Indonesian_postgraduate_students_through_reading
  3. Subekti, N. (2015). Memaknai Kembali Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. https://www.researchgate.net/publication/324543946_Memaknai_Kembali_Konsep_Pendidikan_Ki_Hadjar_Dewantara

Archives